Cara ampuh menghilangkan jerawat dan bekas jerawat

Posted by ALFIAN REIKA M On Sabtu, 29 September 2012 0 komentar
                                








Cara ampuh menghilangkan jerawat dan bekas jerawat
Jerawat


Cara ampuh menghilangkan jerawat dan bekas jerawat


Bagi Mas bro yang mengutamakan penampilannya,  tentu masalah munculnya  jerawat di wajah tentu sangat menjengkelkan , terlebih lagi jika banyak bekas jerawat yang di tinggalkan terkadang membuat krisis percaya diri buat mas bro. Satu hal yang pasti usaha untuk mengatasi penyakit ini sudah banyak yang membahas nya mulai dari metode ilmiah sampe ke tradisional, nah yang ingin saya sampaikan disini sebelum kita mencari tahu solusi untuk mengatasi dan menghilangkan jerawat ada baiknya kita mengetahui lebih dulu penyebab dan jenis jerawat yang datang menghampiri anda agar kita bisa mencegahnya datang kembali dan menghilangkan bekas jerawat yang di tinggalkan.

Penyebab Jerawat

1. Adanya sumbatan lapisan kulit mati pada pori-pori yang terinfeksi.
2. Produksi minyak oleh Kelenjar minyak yang terlalu berlebihan.
3. Faktor keturuan / genetik
4. Faktor hormonal ketika seorang anak menginjak remaja (masa puber).
5. Adanya iritasi kulit.
6. Sedang mengalami stress.
7. Menggunakan alat kontrasepsi seperti Pil KB, dan lain sebagainya.

Jenis – Jenis Jerawat

1. Jerawat Klasik (Jerawat biasa)

Tampilannya mudah dikenali yaitu tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Penyebab umumnya adalah stres, hormon dan udara lembap pemicu kulit memproduksi minyak yang menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Akibatnya pori-pori tersumbat karena terinfeksi dengan bakteri.

Pencegahan Dan  Pengobatan

Gunakan sabun wajah yang mengandung benzoyl-peroxida, atau sabun sulfur untuk membunuh bakteri-bakteri penyebab jerawat.Bila dengan obat jerawat yang dijual bebas tidak berhasil, pergilah ke dokter kulit untuk memeriksakannya sekaligus mendapatkan resep obat jerawat yang mengandung vitamin A derivatif seperti Retin-A.
Untuk mengurangi peradangan dan membunuh bakteri, pakailah obat jerawat yang mengandung benzoyl-peroksida.
Salep obat yang mengandung antibiotik seperti Garamicyn (bisa dibeli bebas) salah satunya, bisa dicoba. Salep ini bisa membunuh bakteri dan mengurangi pembengkakan juga peradangan.

2. Jerawat Batu/Jerawat Jagung

Bentuknya besar dengan tonjolan yang meradang hebat, berkumpul hampir di seluruh area wajah (berbeda dengan jerawat biasa yang terdapat hanya di salah satu bagian wajah). Jerawat ini sering membuat penderitanyah hilang kepercaan diri.

Pencegahan Dan  Pengobatan

Percuma saja bila Anda menggunakan obat – obat jerawat yang dijual bebas karena tidak akan mampu menangani jerawat jenis ini. Anda harus berkonsultasi pada dokter kulit untuk mengobatinya. Untuk jerawat batu yang hanya satu-dua, penyembuhan yang efektif adalah meminta dokter kulit menyuntik jerawat dengan cortisone, yang membuat jerawat ini sembuh dalam waktu 48 jam.

Es batu
1. Bersihkan wajah dengan mencuci muka. Hindari produk pembersih muka yang mengandung scrub saat sedang berjerawat. Karena butiran scrub yang agak kasar bisa melukai jerawat dan menyebabkan cairan jerawat menyebar di seluruh bagian kulit. Bersihkan wajah dengan lembut, jangan menggosoknya terlalu keras.

2. Campurkan multani mitti (sejenis lumpur yang memiliki efek mendinginkan tubuh) dengan bubuk cendana dan jus lemon. Terapkan masker ini di wajah selama lima menit. Anda bisa menerapkannya pada bagian yang berjerawat ataupun di seluruh wajah. Masker ini berfungsi untuk menghilangkan minyak berlebihan di kulit dan bisa mengurangi jerawat dari kulit.

3. Setelah lima menit, ambil es batu dan gosokkan pada jerawat. Gosok kulit dengan es pada bagian berjerawat dan sekitarnya hingga kulit mati rasa. Ini akan membantu mematikan bakteri dan kuman penyebab jerawat. Usahakan untuk menggosok dua buah es batu sekali perawatan. Selain itu usahakan untuk melakukannya dua kali sehari. Kompres ini juga akan mengurangi kemerahan dan bengkak karena jerawat.

4. Gunakan sepotong kain bersih untuk mengeringkan air dari wajah Anda. Terutama jika ada nanah atau cairan jerawat yang keluar saat Anda menggosok es batu ke wajah.

Ada beberapa tips alami di bawah ini yang bisa anda coba salah satunya, yaitu:

1. Ambil sepotong ubi kayu. Kupas kulitnya. Buang kulitnya. Bersihkan. Parutkan. Perah untuk dapatkan airnya. Sapukan air perahan pada muka anda yang ada bekas jerawat. Lakukan setiap hari selama seminggu.

2. Tumbuk beberapa batang kulit kayu manis dan jadikan serbuk. Campurkan dengan sedikit air. Sapukan pada bekas jerawat. Lakukan selama seminggu.

3. Ambil 10 helai daun sireh muda, Bersihkan dan tumbuk lumat. Muka hendaklah dibersihkan dengan air suam dan sapukan sireh pada muka terutama di bagian bekas jerawat. Biarkan kira-kira setengah jam atau hingga kering. Cuci muka bersih-bersih dan lap kering. Lakukan 3 kali seminggu.

4. Asah kulit kayu manis dan campurkan dengan madu lebah. Tempelkan pada muka yang meninggalkan bekas jerawat setiap malam. Esoknya, cucilah dengan air suam/hangat kuku.

5. sebelum mandi, usapkanlah kulit pisang klutuk (batu) yang sudah matang pada kulit wajah. Biarkan sekitar 10 menit, seolah-olah anda sedang dimasker. Setelah itu bilas dengan air teh basi, dan baru mandi, atau cara kedua adalah dengan menghaluskan biji pinang tua, campur dengan air mawar.

6. Tomat,ternyata buah tomat Juga berkhasiat untuk mengobati / menghilangkan jerawat. Buah ini sangat ampuh untuk menghilangkan komedo hitam (blackheads). Cara penggunaannya.: Belah buah tomat menjadi 2 bagian, kemudian usapkan ke area wajah yang berjerawat. Setelah itu, diamkan saja selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu segera bilas dengan air sampai benar-benar bersih.



Nah itu dia Mas bro ulasan mengenai Cara ampuh menghilangkan jerawat dan bekas jerawat,semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar