Manfaat keong emas

Posted by ALFIAN REIKA M On Kamis, 27 September 2012 0 komentar

 

 

 

Manfaat keong emas
Keong emas

Manfaat keong emas

Kadang seorang petani kesal dengan kehadiran keong emas yang di sebut sebagai hama yang mengganggu tanaman mereka,bahkan dengan tega memberi racun demi keamanan tanamannya. tapi kadang mereka tidak mengetahui bahwa Keong emas yang mereka racuni itu  memiliki manfaat untuk setiap manusia, nah apa saja Manfaat keong emas itu? berikut manfaatnya:

1. Meningkatkan kecerdasan,
2. Meningkatkan libido,
3. Untuk obat liver
( Dr. Sumitro dlm Sinar Tani).
Keong Mas juga mengandung asam omega 3,6, dan 9,serta protein 16 – 50 %.
(Moechah dlm Anis Blog, 21-11-2008).
Keong mas (Pomacea canaliculata) yang selama ini dikenal sebagai hama potensial tanaman padi, jika dikelola dengan baik merupakan komoditas prospektif untuk menambah penghasilan petani dan meningkatkan gizi masyarakat.Bahkan komoditas ini layak untuk menjadi komoditas ekspor, terutama ke negara-negara Eropa, Jepang dan Hong Kong. Keong mas juga dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak, ikan, udang, sumber makanan berprotein tinggi bagi masyarakat, obat-obatan dan pengontrol inang perantara parasit trematoda yang menyebabkan gatal-gatal.Dengan potensi tersebut, keong mas tidak layak disebut sebagai biang kegagalan panen padi. Lebih baik keong mas dikelola untuk dimanfaatkan dan dikembangkan.

Kandungan gizi
Keong mas diketahui mengandung asam omega 3, 6 dan 9. Dari hasil uji proksimat, kandungan protein pada keong mas berkisar antara 16 hingga 50 persen.
Di beberapa daerah, keong mas diolah menjadi berbagai jenis masakan seperti sate, pepes, sambal keong, hingga kecap keong.
Masyarakat juga percaya, keong mas dapat digunakan untuk mengobati penyakit lever. Namun belum ada pembuktian ilmiah mengenai khasiat ini.
Selain banyak mengandung protein, hewan dari keluarga moluska ini juga kaya akan kalsium.
Penggunaan keong mas untuk pakan itik terbukti mampu menaikkan hasil telur hingga 80 persen. Pemberian pakan sekitar 4,5 persen tepung keong mas pada peternakan sapi potong juga memberikan hasil pertumbuhan yang cukup baik dan tingkat keuntungan paling tinggi dibandingkan pemberian pakan lain.
Sebagai pakan ikan, penggantian kandungan tepung ikan menjadi tepung keong mas sebanyak 25 hingga 75 persen memberikan pengaruh cukup baik terhadap laju pertumbuhan harian individu, efisiensi pakan, retensi protein, dan retensi lemak.
Ia mengatakan, keong mas juga berperan sebagai pengendali keong lain jenis Bulinus sp dan Biophalaria sp yang merupakan inang perantara parasit trematoda yang menyebabkan penyakit gatal-gatal dan schistosomiasis yang telah menginfeksi lebih dari 200 juta penduduk tropis.


Nah oke lah mas bro itulah tadi artikel mengenai Manfaat keong emas semoga artikel ini cukup bermanfaat untuk anda.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar